Tiga Dosen STT NF meraih HKI Program Komputer di Awal Tahun 2023

Pada tanggal 17 Januari 2023, tiga dosen STT Terpadu Nurul Fikri, Bapak Dr. Lukman Rosyidi, M.T., Bapak Sirojul Munir, S.Si., M.Kom, dan Bapak Henry Saptono, S.Si, M.Kom, berhasil meraih hak kekayaan intelektual (HKI) masing-masing untuk sistem informasi program kerja (SIPROKER), Sistem Informasi Kinerja Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat – RISCA (Research, Innovations And Community Services Application), dan SIMIRA (Sistem Informasi Peminjaman Ruangan). Sertifikat HKI dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dan menandakan bahwa karya-karya tersebut merupakan hasil kreativitas dan inovasi yang dapat dilindungi oleh hukum.



Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan bentuk perlindungan hukum bagi karya-karya yang dihasilkan dari proses kreativitas dan inovasi. HKI memungkinkan pemilik karya untuk mengontrol penggunaan, pemanfaatan, dan pendapatan yang diperoleh dari karya tersebut.


Salah satu tujuan utama dari perlindungan HKI adalah untuk mendorong inovasi dan kreativitas. Dengan adanya perlindungan HKI, individu dan perusahaan dapat merasa aman untuk berinvestasi dalam proses pengembangan karya dan inovasi, karena mereka akan memiliki hak untuk mengontrol dan menikmati hasil dari karya tersebut.


Selain itu, HKI juga berguna dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karya-karya yang dilindungi oleh HKI, seperti obat-obatan, teknologi, dan desain, dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat.


Pencapaian ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi dosen STT Terpadu Nurul Fikri dan menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan teknologi dan inovasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. SIPROKER, RISCA, dan SIMIRA diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi dunia pendidikan.


Pencapaian ini juga menunjukkan bahwa STT Terpadu Nurul Fikri memperhatikan pentingnya hak kekayaan intelektual dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa. STT Terpadu Nurul Fikri akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan dan mendorong inovasi dalam dunia pendidikan dan riset.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *